"Tidaklah anak manusia dilahirkan melainkan di atas fitrahnya, kemudian orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi atau Nasrani atau Majusi." (HR. Bukhari-Muslim)

Sabtu, Agustus 15, 2009

BUILD YOUR THINGKING STYLE / ByTS


Membangun gaya berfikir adalah memahami gaya berfikir sendiri dan gaya berfikir orang lain yang ada di sekeliling kita, memberi penilaian atas hal positif (yang perlu dikagumi) dan atas hal negatif (yang perlu dihindari) sebagai dampak dari gaya berfikir kita dan mereka serta memilih opsi dalam interaksi kita dengan mereka. Gaya berfikir (thinking style) pada seseorang pada dasarnya adalah bagaimana informasi yang diperoleh diatur dan diolah oleh otak. Gaya berfikir terbagi menjadi 2 (dua) bagian utama, yaitu :
  1. Gaya berfikir yang berdasarkan kepada PERSEPSI, yang terdiri dari Konkrit / Apa adanya ; dan Abstract / Ada apanya.
  2. Gaya berfikir yang berdasarkan kepada PENGATURAN, yang terdiri dari Sekuensial / Berurutan ; dan Random / Acak
Dari bagian-bagian gaya berfikir di atas, ternyata terdapat kombinasi-kombinasi sebagai terlihat pada gambar di atas. Kombinasi-kombinasi dari gaya berfikir tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. SEKUENSIAL KONGKRIT (Satu Persatu), Ciri-ciri utama dari orang yang memiliki gaya berfikir SK adalah memiliki keteraturan, sangat detail, selalu ingin menyelesaikan tugas, memiliki tingkat produktivitas yang tinggi dan mempunyai kestabilan serta perfeksionis. Hal – hal positif dari orang yang memiliki gaya berfikir SK adalah dari keteraturannya, sangat menaruh perhatian kepada hal – hal kecil, dapat menyelesaikan tugas, memiliki tingkat produktivitas, kestabilan dan orang ini dapat diandalkan. Persepsi negatif dari orang yang memiliki gaya berfikir SK adalah terlalu perfeksionis, orientasi kepada benda terkadang lebih penting dibandingkan manusia, memiliki sudut pandang terlalu fokus, kurang bisa menyesuaikan diri, dan terkadang tidak/kurang sabar. Tips bergaul dengan orang yang memiliki gaya berfikir SK adalah kita harus konsisten, rapi, terorganiasir, menerapkan logika dan akal sehat, mengerjakan apa yang menjadi bagian kita, selalu mengingat bahwa mereka juga punya perasaan, memberitahu terlebih dahulu sehingga mereka lebih bersiap diri, mengikuti petunjuk, memberitahu apa yang anda inginkan, bertanggungjawab atas tindakan-tindakan anda, dan jangan berbicara secara umum.
  2. SEKUENSIAL ABSTAK (Memulai dari Akhir), Ciri-ciri utama dari orang yang memiliki gaya berfikir SA adalah merupakan sosok analis, kaya kosa kata, konseptor, senang menyendiri, visioner dan tidak/kurang realistis. Hal – hal yang paling dikagumi dari orang yang memiliki gaya berfikir SA adalah mampu menganalisis sebelum membuat keputusan, mampu membuat gagasan menjadi konsep, cerdas, tepat dalam banyak hal, dan berpengetahuan. Persepsi negatif dari orang yang memiliki gaya berfikir SA adalah orang ini sering menyendiri, tidak berhubungan dengan realitas, harus mendapat penjelasan untuk segala sesuatu, berpendirian keras, dan melihat sesuatu selalu dari berbagai segi. Tips bergaul dengan orang yang memiliki gaya berfikir SA adalah kita harus memiliki sasaran spesifik, menggunakan logika dan pertimbangan, mendengarkan apa yang mereka katakan, memberi mereka tugas dan membiarkan mereka mengerjakannya, cermat dan tidak setengah-setengah, penuh pertimbangan, membuat persoalan tergantung kepada fakta, memberi mereka waktu untuk meneliti cara terbaik, memastikan bahwa mereka memahami tugas itu, dan jangan mengharapkan tangapan langsung karena mereka memerlukan waktu untuk berfikir.
  3. RANDOM KONKRIT (Mudah terluka, sulit untuk terbuka). Ciri-ciri utama dari orang yang memiliki gaya berfikir RK adalah spontanitas, sangat perhatian kepada orang lain, memiliki kemampuan untuk bersosialisasi, dan memahami perasaan orang, serta sulit mengambil keputusan. Hal – hal yang paling dikagumi dari orang yang memiliki gaya berfikir RK adalah spontanitasnya, penuh perhatian, memiliki kemampuan sosial, mampu beradaptasi, dan mampu memahami perasaan orang lain. Persepsi negatif dari orang yang memiliki gaya berfikir RK adalah tidak dapat diterka, kurang keras terhadap suatu masalah, sanagt peka terhadap kritik (anti-kritik), tidak punya kesadaran waktu, dan mereka lebih pada mengurangi masalah daripada memecahkannya.Tips bergaul dengan orang yang memiliki gaya berfikir RK adalah harus memberi mereka kesempatan untuk menolong orang lain, memberi mereka masukan positif maupun negatif, jangan terlalu serius, jangan mengkritik seenaknya, mereka akan menyelesaikan masalah walaupun dengan cara kita, tidak menepatkan mereka di tengah konflik, harus membiarkan mereka bersikap spontan, menunjukan bahwa anda menghargai, tidak menganggap bodoh bila ada kesalahan, tidak semua hal dapat dilakukan secara terang-terangan.
  4. RANDOM ABSTRAK (Melihat hal yang sama dengan cara yang berbeda). Ciri-ciri utama dari orang yang memiliki gaya berfikir RA adalah berkepribadian multidimensi, mandiri, kreatif, homuris dan mengandalkan bisikan hati. Hal – hal yang paling dikagumi dari orang yang memiliki gaya berfikir RA adalah berkepribadian multidimensi, mandiri, kreatif, homuris dan mengandalkan bisikan hati. Persepsi negatif dari orang yang memiliki gaya berfikir RA adalah terlalu banyak mengatakan kenapa, tidak bisa kompromi, tidak bisa bekerja dalam tim, tidak berfikir panjang dan keras kepala. Tips bergaul dengan orang yang memiliki gaya berfikir RA adalah memberitahu apa dan bukan bagaimana, memberitahu apa yang bisa mereka lakukan dengan benar bukan yang keliru, memberitahu keterbatasan anda dan dorong mereka, miliki rasa humor, terbuka untuk perubahan, jangan memaksakan kehendak, luwes, memberi pengarahan yang tepat dan membiarkan mereka melakukannya, membiarkan mereka terlibat, dan jangan merasa terancam dengan sikap yang antusias.
(sumber : ILNA Learning Centre )

Tidak ada komentar:

Laman

Powered By Blogger

Entri Populer

Entri Populer

Pengikut

Arsip Blog

sunset di calang, aceh jaya

sunset di calang, aceh jaya

Cari Blog Ini